Mengantuk padahal tidur cukup? Mungkin ini penyebabnya

Tidur merupakan sebuah kebutuhan penting untuk mendukung kesehatan dan kinerja kita saat beraktifitas. Apabila kita kurang tidur maka muka akan terlihat pucat, muncul kantong di bawah mata, warna gelap di bagian bawah mata dan juga kinerja kita akan terganggu saat malakukan aktifitas di kantor atau kelas.

Lydia DonCarlos, PhD, dari Loyola University Chicago Stritch School of Medicine adalah salah satu ahli yang membuat rekomendasi berapa banyak waktu tidur yang dibutuhkan seseorang.

Panel tersebut, yang dipimpin National Sleep Foundation, membuat rekomendasi berdasarkan usia, mulai dari bayi yang baru lahir (yang memerlukan 14-17 jam tidur per hari) sampai dewasa berusia 65 tahun ke atas (7-8 jam per hari).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa remaja berusia 14-17 tahun memerlukan 8-10 jam tidur per malam. Angka ini lebih tinggi dibanding rekomendasi sebelumnya yaitu 8,5-9,5 jam per malam.

Meskipun setiap golongan usia sudah dikelompokkan berdasarkan berapa lama rekomendasi waktu mereka untuk tidur, National Sleep Foundation dalam laporan utamanya di Sleep Health Journal, menyebutkan bahwa tidak ada jumlah waktu sempurna yang pas bagi setiap orang. Berikut ini rekomendasi jam tidur yang ideal :

  • Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam setiap hari
  • Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam setiap hari
  • Balita (1-2 tahun): 11-14 jam setiap hari
  • Pra-sekolah (3-5 tahun): 10-13 jam setiap hari
  • Usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam setiap hari
  • Remaja (14-17 tahun): 8-10 jam setiap hari
  • Dewasa muda (18-25 tahun): 7-9 jam setiap hari
  • Dewasa (26-64 tahun): 7-9 jam setiap hari
  • Manula (65 tahun ke atas): 7-8 jam setiap hari

Dengan tidur yang cukup, kesehatan kita akan lebih baik dan maksimal. Semua organ yang lelah bekerja tentu membutuhkan waktu istirahat, termasuk otak, kulit, sistem metabolisme, dan hormon.

Pada saat tidur, informasi yang masuk ke otak akan disusun dengan rapi, sehingga saat bangun tidur kita sering kali menemukan solusi dari masalah di hari sebelumnya. Tetapi ada juga orang yang sudah tidur lama tetap saja menguap dan mata terasa berat. Mungkin hal tersebut karena ada faktor kesehatan atau faktor lain yang menyebabkannya.

Dirangkum dari Very Well Health, ada beberapa hal yang menyebabkan anda mengantuk di siang hari padahal anda merasa bahwa tidur anda sudah cukup

Kebiasaan tidur yang buruk


Kebiasaan tidur yang buruk bisa menyebabkan anda mengantuk di siang hari. Mengkonsumsi kopi atau alkohol membuat anda susah tidur dan akan mengganggu siklus tidur anda. Sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman tersebut kecuali anda memang sedang ingin bedagang.
Membiarkan televisi menyala ketika anda tidur juga akan membuat tidur tidak nyenyak. Buatlah suasana tenang dan senyaman mungkin saat tidur sehingga ketika bangun badan menjadi bugar karena tidak tidur anda berkualitas.

Sleep Apnea


Sleep Apnea adalah kondisi dimana nafas anda berhenti beberapa kali dan berulang ulang saat anda tidur. Hal tersebut mengakibatkan kualitas tidur anda buruk karena sering terbangun karena gangguan pernafasan tersebut.
Penanganan bagi penderita Sleep Apnea adalah dengan penggunaan terapi alat Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) therapy atau lebih dikenal dengan sungkup.

Narkolepsi


Narkolepsi biasa terjadi ketika ada masalah dengan pengaturan kapan bangun dan kapan tidur. Paralysis / ketindihan dan sesekali bangun ketika tidur biasanya menandai adanya Narkolepsi.
Penanda lain dari Narkolepsi adalah Katapleksi yaitu keadaan dimana otot melemas secara mendadak diikuti stimulus emosional seperti kaget atau tertawa.
Pengobatan pada pengidap Narkolepsi biasanya memerlukan pengobatan disertai dengan stimulan.

Sindrom kelelahan kronis


Adalah suatu kondisi dimana merasa sangat lelah, letih dan mengantuk yang terjadi setelah anda melakukan aktifitas yang menguras tenaga, kurang tidur dan dan nyeri sendi serta otot.

Sindrom Kleine – Levin


Sindrom ini menyerang orang dewasa muda yang mengakibatkan efek mengantuk secara berlebihan dan berulang ulang. Efek sindrom ini berlangsung berhari hari bahkan sampai berbulan bulan.

Sindrom kaki gelisah


Sindrom ini membuat kaki anda tidak nyaman saat tidur sehigga anda akan berusaha menggerakkan kaki. Kondisi ini biasanya terjadi di malam hari saat anda beristirahat atau tidur.
Kondisi lain yang terkait adalah sindrom gangguan gerakan tungkai atau periodic limb movement syndrome (PLMS), kondisi ini terjadi ketika kaki tersentak secara tiba-tiba saat anda tidur.

Gangguan ritme sirkadian


Ritme sirkadian adalah fungsi alamiah tubuh yang membantu untuk mengkoordinasikan aktifitas anda pada waktu terang dan gelap.
Hal yang menandai fungsi alamiah tubuh jni tidak berjalan dengan baik adalah rasa kantuk yang datang di saat yang tidak tepat. Misal ketika anda selesai makan anda akan merasa kantuk dan ketika di tempat yang gelap anda malah lebih bersemangat di banding saat berada di tempat terang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *